Foto: Suasana upacara pembukaan MATSAMA MA Mazro'atul Huda Karanganyar Demak. (Dok. Siswa)

Madrasah Aliyah (MA) Mazro’atul Huda Karanganyar (Mazdaka) menggelar kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru tahun ajaran 2025/2026. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu, 14–16 Juli 2025, bertempat di aula madrasah.

Acara MATSAMA resmi dibuka dengan upacara pembukaan yang berlangsung tertib dan khidmat. Dalam sambutan pembukaan, Bapak K.H. Anshori, S.Ag., M.H., selaku Ketua Yayasan, menyampaikan pesan penting kepada seluruh peserta didik baru agar memanfaatkan MATSAMA sebagai titik awal dalam menumbuhkan semangat belajar dan karakter islami.

“MATSAMA bukan hanya sekadar orientasi, tetapi bagian penting dalam membangun kepribadian santri yang disiplin, berakhlak, serta memahami nilai-nilai madrasah sebagai bagian dari kehidupan mereka ke depan,” tutur Bapak KH. Anshori.

Beliau menambahkan, “Anak-anak hari ini adalah pemimpin masa depan. Maka bangunlah semangat sejak awal. Kenali lingkungan madrasah, patuhi tata tertib, dan muliakan guru. Inilah bekal keberhasilan dunia dan akhirat.”

Foto: Bapak H. Noor Hasyim, S.E. sedang menyampaikan materi Kemadrasahan. (Dok. Siswa)

Salah satu sesi utama dalam kegiatan ini adalah materi Kemadrasahan yang disampaikan langsung oleh Kepala Madrasah, Bapak H. Noor Hasyim, S.E. Dalam pemaparannya, beliau menguraikan sejarah berdirinya MA Mazro’atul Huda, visi madrasah, serta arah pendidikan yang tidak hanya menekankan aspek akademik tetapi juga spiritual dan moral.

“Madrasah ini tidak hanya menjadi tempat belajar, tetapi menjadi ruang pembinaan akhlak, karakter, dan kedisiplinan. Kami ingin membentuk generasi yang berilmu, beradab, dan beramal shalih,” jelas beliau.

Bapak H. Noor Hasyim juga menekankan pentingnya kedisiplinan dan komitmen sejak awal. “Menjadi bagian dari madrasah berarti siap menjunjung nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dan untuk itu, diperlukan kesungguhan sejak hari pertama.”

Selain itu, para peserta didik juga menerima berbagai materi penting yang mendukung pemahaman mereka terhadap kehidupan di madrasah, yaitu:

  • Nilai-nilai Madrasah
  • Materi IPNU–IPPNU
  • Budaya dan Kebiasaan Kehidupan di Madrasah
  • Moderasi Beragama
  • Madrasahku Surgaku
  • Kepramukaan
Materi-materi tersebut disampaikan oleh guru dan narasumber berkompeten dengan pendekatan komunikatif dan edukatif. Peserta diajak mengenali karakter khas madrasah serta membentuk pola pikir positif terhadap pendidikan berbasis nilai-nilai keislaman.

Penulis: Uyun Asalina, M.Pd.